Saturday, November 2, 2013

Mengenal Domain dan Hosting

Istilah Domain dan Hosting mungkin sudah tak asing lagi bagi anda, namun tak jarang banyak pengguna internet tak mengenal tentang kedua hal tersebut meskipun tanpa mereka sadari mereka sudah menjumpainya dalam bentuk nyata berkali-kali.

free domain hosting



Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan komputer. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa angka yang panjang, kan ribet kalo harus mengingat IP Address. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah penggunaan untuk mengakses informasi pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.


Jenis-jenis domain

1. Top Level Domain (TLD)

Top level domain masih dibagi lagi menjadi 2 yaitu Generik/Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).
  • Generic/Global Top Level Domain (gTLD) merupakan domain yang digunakan secara global. Contohnya : .com ; .net ; .org dll.
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan domain yang dipakai untuk mengidentifikasikan kode negara. Contohnya : .co.id ( kode domain Negara Indonesia) ; .co.us ( kode domain Negara Amerika Serikat) ; .co.uk (kode domain Negara Inggris.

2. Second Level Domain (SLD)

Second level domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Contohnya pada website facebook.com yang merupakan TLD adalah .com dan facebook merupakan SLD.


3. Lower Level Domain

Lower level domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD. Lower level domain dapat dibagi menjadi Third level domain, Fourth level domain dan seterusnya. Namun penggunaan lower level domain sangat jarang, kebanyakan nama domain hanya sampai SLD saja. 


Pengertian Hosting


Hosting merupakan sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, file musik, file video ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan flashdisk atau harddisk, dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita.

1 comment:

Silahkan Berkomentar Dengan Kata-Kata yang Sopan

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates